Cara Reset Password BIOS secara Hardware

Diposting oleh Unknown on Kamis, 01 Desember 2011

Kali ini om-tedjo akan membahas bagaimana cara kita,, kalau kita kelupaan dengan password BIOS kita.. Apa itu BIOS pasti kalian juga udah kenal kan?? kalau belum kenal mungkin bisa langsung ditanyakan ama mbah google.. hehehe

Ada dua cara agar kita bisa dapat mereset BIOS kita..cara yang pertama sangat simple yaitu dengan mencopot CMOS dan tunggu hingga beberapa saat. sekitar 30menit cukuplah kita tinggal minum kopi ama ngrokok2 dulu..hehe Jika sudah kita pasang lagi CMOS nya.. dan coba hidupkan komputer anda dan masuklah kedalam menu BIOS..anda tidak akan mendapat permintaan password lagi..

itu tadi cara yang pertama...cara yang kedua bisa juga lewat jumper yang sudah disediakan.
Oke... langsung aja..
  1. Buka penutu casing komputer anda
  2. Lalu carilah jumper BIOS, biasanya berada didekat baterai BIOS dengan kode JP1, CLR_CMOS, JBAT dengan pin sebanyak 3buah.
  3. Pada awalnya jumper akan berada pada posisi pin1 dan pin2, Nah....dan untuk melakukan reset BIOS kita pindahkan jumper menjadi ke pin2 dan pin3..(baca buku manual mother board untuk memastikannya)
  4. Setelah anda memindahkan jumper dalam posisi clear, tekanlah tombol power beberapa kali untuk memastikan BIOS sudah ter-reset..jika saat anda menekan tombol power lalu komputer hidup, berarti anda salah memindahkan posisi jumper.
  5. Lalu pindahkan lagi jumper pada posisi semula, yakni pada posisi pin1 dan pin2.. lalu coba hidupkan komputer anda, jika berhasil cobalah masuk ke menu BIOS. dan anda akan bisa masuk tanpa password BIOS
Ya seperti itu caranya...hehehe semoga bermanfaat buat kalian semua...

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar